RAHASIA DI BALIK SLOGAN TERKENAL: CONTOH SLOGAN & CARA MEMBUAT SLOGAN SUPER KUAT YANG BIKIN BISNISMU MELEJIT!

CONTOH SLOGAN DAN CARA MEMBUAT SLOGAN

ide Contoh slogan dan cara membuat slogan


Kreatifpreneur, Halo, teman-teman! Hari aku mau coba bahas tentang sesuatu yang mungkin tampak sederhana, tetapi memiliki dampak besar dalam dunia bisnis dan branding: slogan. Kamu pasti pernah mendengar slogan-slogan keren yang melekat di pikiranmu, bukan? Nah, dalam artikel ini, aku akan memandu kamu melalui contoh-contoh slogan yang sukses dan juga memberikan beberapa tips tentang cara membuat slogan yang efektif. Sesuai pengalaman pribadi juga bahwa yang namanya slogan dalam dunia usaha, organisasi ataupun bisnis lainnya tentu sangatlah penting dan berpengaruh. Pastikan kamu baca sampai selesai ya!

 

A. Slogan: Kata-Kata Ajaib yang Merekam Identitas

Apa Itu Slogan?

Sebelum kita terlalu jauh, mari kita pahami apa sebenarnya yang dimaksud dengan "slogan." Slogan adalah frasa pendek atau kalimat yang digunakan oleh sebuah perusahaan atau merek untuk mencitrakan diri mereka dalam benak konsumen. Ini adalah cara ringkas untuk menyampaikan pesan inti, nilai, atau tujuan suatu merek kepada khalayak.

 

B. 15 Contoh Slogan yang Mendunia dan Menginspirasi

Slogan adalah ekspresi singkat yang bisa menggetarkan hati, memicu emosi, dan membuat orang terhubung dengan merek atau ide. Berikut ini adalah lebih banyak contoh slogan yang menginspirasi dari berbagai merek terkenal:

 

1. "Just Do It" - Nike

Slogan ini tidak hanya menginspirasi untuk berolahraga, tetapi juga untuk menghadapi tantangan dalam hidup dengan percaya diri.

 

2. "Think Different" - Apple

Apple mengajak kita untuk berpikir di luar kotak, mendorong kreativitas, dan mengejar inovasi.

 

3. "Because You're Worth It" - L'Oréal

Slogan ini memotivasi kita untuk merayakan diri sendiri dan merasa berharga dalam penampilan kita.

 

4. "Have a Break, Have a Kit Kat" - Kit Kat

Pesan simpel ini mengajak kita untuk mengambil istirahat sejenak dari rutinitas dan menikmati momen kecil.

 

5. "I'm Lovin' It" - McDonald's

Slogan yang mengajak kita untuk menikmati makanan dengan sukacita dan kebahagiaan.

 

6. "Impossible Is Nothing" - Adidas

Adidas menginspirasi kita untuk melepaskan potensi maksimal kita, bahkan dalam hal yang tampaknya mustahil.

 

7. "Connecting People" - Nokia

Slogan ini menekankan pentingnya komunikasi dalam menjalin hubungan antarmanusia.

 

8. "The Ultimate Driving Machine" - BMW

BMW menghadirkan citra mewah dan performa tinggi melalui slogan ini.

 

9. "The Happiest Place on Earth" - Disneyland

Slogan yang mengajak kita untuk mengalami kebahagiaan yang tak terlupakan di taman hiburan Disneyland.

 

10. "A Diamond Is Forever" - De Beers

Slogan yang melekatkan arti penting pada batu berharga dan hubungan yang langgeng.

 

11. "Empowering the World" - Microsoft

Microsoft menginspirasi kita untuk meraih kemungkinan tanpa batas yang ditawarkan oleh teknologi.

 

12. "Open Happiness" - Coca-Cola

Slogan ini mengajak kita untuk menikmati momen kebahagiaan sederhana dengan minuman yang menyegarkan.

 

13. "Meluncurkan Imajinasi" - LEGO

LEGO merangsang kreativitas dan imajinasi anak-anak dengan slogannya yang ikonik ini.

 

14. "Kenyamanan dalam Setiap Detail" - Marriott Hotels

Marriott menawarkan pengalaman yang nyaman dan penuh perhatian kepada pelanggan mereka.

 

15. "Masa Depan dalam Genggaman" - Samsung

Slogan yang menunjukkan visi perusahaan dalam membawa teknologi ke dalam kehidupan sehari-hari.

Semua slogan ini adalah contoh bagaimana kata-kata sederhana dapat memiliki dampak besar dalam membangun merek dan menginspirasi orang. Ketika kamu menciptakan slogan untuk bisnismu, pikirkan tentang pesan yang ingin kamu sampaikan dan bagaimana kamu bisa menghubungkannya dengan audiens targetmu. Jangan ragu untuk merenung dan menguji beberapa ide sebelum menentukan slogan yang sempurna.


BACA JUGA : 150+ Ide Nama Usaha Cemilan Untuk Branding yang Menarik


C. 6 Tips untuk Membuat Slogan yang Kuat

Sekarang, mari kita telusuri lebih dalam mengenai tips untuk menciptakan slogan yang benar-benar kuat dan efektif dalam menggambarkan merek atau bisnismu:

 

1. Singkat dan Padat

Kamu ingin agar sloganmu mudah diingat oleh orang-orang. Karena itu, buatlah slogan yang singkat dan padat. Usahakan agar tidak lebih dari beberapa kata. Ketika sloganmu terlalu panjang, orang akan kesulitan mengingatnya, dan tujuan utamanya akan hilang. Slogan yang singkat dan padat juga lebih mudah untuk diabadikan dalam pikiran pelanggan.

 

2. Jelaskan Nilai

Sloganmu harus mencerminkan nilai inti atau tujuan bisnismu. Pikirkan apa yang ingin kamu sampaikan kepada pelangganmu. Apakah bisnismu menekankan kualitas, keunggulan, harga terjangkau, atau pelayanan pelanggan yang luar biasa? Jawaban atas pertanyaan ini akan membantumu merumuskan kata-kata yang sesuai untuk sloganmu.

 

3. Originalitas

Tentu saja, kamu ingin slogan yang tidak hanya mudah diingat tetapi juga unik. Hindari mencoba meniru slogan dari merek terkenal atau menggunakan klise yang sudah terlalu sering digunakan. Originalitas akan membuat merekmu lebih berbeda dan menonjol di mata pelanggan. Ingat, kamu ingin agar pelanggan dapat mengidentifikasi merekmu hanya dari slogan tersebut.

 

4. Relevansi

Pastikan bahwa sloganmu relevan dengan produk atau layanan yang kamu tawarkan. Ketika pelanggan melihat atau mendengar sloganmu, mereka harus langsung mengaitkannya dengan bisnismu. Slogan yang tidak relevan dapat membingungkan pelanggan dan tidak akan memberikan pesan yang sesuai tentang bisnismu. Jadi, pastikan bahwa sloganmu selaras dengan apa yang kamu tawarkan.

 

5. Tes dengan Publik

Sebelum kamu memutuskan untuk mengadopsi slogan tertentu, uji dulu dengan target audiensmu. Dapatkan umpan balik dari mereka tentang apa yang mereka pikirkan saat melihat atau mendengar slogan tersebut. Apakah itu menggugah minat? Apakah itu memicu pemahaman tentang bisnismu? Apakah itu membuat mereka ingin tahu lebih banyak? Pengujian dengan publik akan membantumu memahami efektivitas sloganmu sebelum kamu menggunakannya secara luas.

 

6. Pertimbangkan Tren dan Lingkungan

Lingkungan bisnis selalu berubah, dan tren juga bergerak dengan cepat. Oleh karena itu, pertimbangkan tren saat menciptakan sloganmu. Apakah ada kata-kata atau frasa yang sedang populer dalam industri atau niche bisnismu? Namun, berhati-hatilah agar tidak menjadi terlalu bergantung pada tren, karena hal tersebut dapat membuat sloganmu cepat usang. Pastikan bahwa sloganmu memiliki daya tahan jangka panjang.

 

Dengan mengikuti tips-tips ini, kamu akan memiliki panduan yang kuat untuk menciptakan slogan yang membanggakan dan bisa menggambarkan merekmu dengan sempurna. Ingatlah bahwa menciptakan slogan yang efektif bisa memerlukan waktu dan pemikiran yang matang, tetapi hasil akhirnya akan sangat berharga dalam membangun identitas merek yang kuat.

 

D. Bagaimana Cara Membuat Slogan yang Tepat?

Menciptakan slogan yang tepat adalah langkah penting dalam membangun identitas merek yang kuat dan mengkomunikasikan pesan inti kepada pelanggan. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat kamu ikuti untuk membuat slogan yang benar-benar efektif:

 

1. Kenali Merekmu dengan Baik

Sebelum kamu mulai menciptakan slogan, kamu harus memahami merekmu dengan baik. Apa yang membuat bisnismu unik? Apa nilai-nilai dan tujuan inti yang kamu anut? Bagaimana kamu ingin merekmu dilihat oleh pelanggan? Identifikasi elemen-elemen penting ini karena mereka akan membantu dalam merumuskan kata-kata yang sesuai untuk slogan.

 

2. Tentukan Pesan Utama

Sloganmu harus mencerminkan pesan inti yang ingin kamu sampaikan kepada pelanggan. Apakah kamu ingin menekankan kualitas produk atau layananmu, harga yang terjangkau, atau nilai-nilai tertentu yang menjadi lKamusan bisnismu? Jelaskan pesanmu dengan jelas sehingga dapat diartikan dengan mudah melalui slogan.

 

3. Buat Daftar Kata-Kata Kunci

Mulailah dengan membuat daftar kata-kata kunci yang berhubungan dengan merekmu dan pesanmu. Kata-kata ini dapat mencakup atribut produk, nilai-nilai merek, atau manfaat yang ditawarkan kepada pelanggan. Cobalah untuk memilih kata-kata yang kuat dan memiliki daya tarik emosional.

 

4. Eksperimen dengan Frasa

Setelah kamu memiliki daftar kata-kata kunci, cobalah untuk menggabungkannya menjadi frasa atau kalimat pendek. Eksperimen dengan berbagai kombinasi kata-kata untuk melihat apa yang terasa paling kuat dan efektif. Jangan takut untuk mencoba berbagai ide.

 

5. Pastikan Kesederhanaan

Saat menciptakan slogan, simpel adalah kunci. Kamu ingin sloganmu mudah diingat dan diucapkan. Hindari kalimat yang terlalu panjang atau rumit. Katakan lebih banyak dengan kata-kata yang lebih sedikit.

 

6. Uji dengan Audiens

Setelah kamu merumuskan beberapa opsi slogan yang potensial, uji mereka dengan audiensmu. Ajak beberapa orang dari target audiensmu untuk memberikan umpan balik tentang apa yang mereka pikirkan tentang setiap slogan. Ini dapat membantu kamu menilai efektivitasnya dan menemukan yang paling cocok.

 

7. Pertimbangkan Aspek Visual

Ketika kamu memiliki slogan yang kuat, pertimbangkan bagaimana kata-kata tersebut dapat diintegrasikan dengan desain merekmu. Bagaimana tampilan visualnya? Warna, font, dan tata letak dapat memengaruhi cara orang melihat sloganmu.

 

8. Pastikan Kepatuhan Hukum

Periksa apakah sloganmu melanggar hak cipta atau merek dagang yang ada. Pastikan kamu tidak menggunakan slogan yang sudah ada atau terlalu mirip dengan merek lain. Langkah ini dapat menghindari masalah hukum di masa depan.

 

9. Gunakan Slogan dengan Konsisten

Setelah kamu memilih slogan yang tepat, gunakan secara konsisten dalam semua materi pemasaran dan komunikasi merekmu. Ini akan membantu dalam membangun identitas merek yang kuat dan memperkuat pesan yang ingin kamu sampaikan kepada pelanggan.

 

10. Kembangkan Kesabaran

Terakhir, ingatlah bahwa menciptakan slogan yang benar-benar efektif bisa memerlukan waktu. Jangan terburu-buru dalam prosesnya. Pertimbangkan berbagai ide, dan jangan ragu untuk merenung sejenak sebelum memutuskan slogan yang tepat. Kesabaran adalah kunci untuk menciptakan sesuatu yang tak terlupakan.

 

Dengan mengikuti langkah-langkah ini dan merenung dengan baik, kamu akan lebih siap untuk menciptakan slogan yang tepat untuk merek atau bisnismu. Ingatlah bahwa slogan adalah salah satu cara terbaik untuk membuat merekmu dikenal dan diingat oleh pelanggan, jadi usahakan untuk membuatnya sesempurna mungkin.

 

BACA JUGA : 10 CARA JITU AGAR LAMARAN KERJA DITERIMA!!!


Kesimpulan

Dalam dunia yang penuh dengan pesan dan informasi, memiliki slogan yang kuat adalah cara yang luar biasa untuk membedakan merekmu dari yang lain. Jangan pernah meremehkan kekuatan kata-kata. Slogan yang tepat dapat menjadi fondasi kuat untuk membangun identitas merek yang tak terlupakan.

 

Jadi, apa pendapatmu tentang artikel ini? Sudahkah kamu merencanakan slogan baru untuk bisnismu? Bagikan pikiran dan pertanyaanmu di bawah ini!

 

E. FAQ (Pertanyaan yang Sering Diajukan)

1. Berapa kata ideal untuk sebuah slogan?

Slogan yang efektif biasanya terdiri dari 3 hingga 6 kata. Ini cukup singkat untuk diingat dan mudah dipahami.

 

2. Bagaimana saya bisa menguji efektivitas slogan saya?

Kamu dapat melakukan survei atau wawancara dengan calon pelanggan atau audiens target Kamu untuk mengukur reaksi mereka terhadap slogan Kamu.

 

3. Apakah saya perlu mengganti slogan jika bisnis saya berkembang?

Tidak selalu. Jika slogan Kamu masih mencerminkan nilai dan tujuan bisnis Kamu, Kamu mungkin tidak perlu menggantinya. Namun, jika bisnis Kamu berubah secara signifikan, pertimbangkan untuk menyesuaikan slogan Kamu.

 

4. Bagaimana jika saya tidak dapat menciptakan slogan sendiri?

Jika Kamu merasa kesulitan, pertimbangkan untuk bekerja sama dengan seorang profesional periklanan atau konsultan branding yang dapat membantu Kamu mengembangkan slogan yang sesuai dengan merek Kamu.

 

5. Apakah satu slogan cukup untuk merek saya?

Tidak ada aturan yang mengharuskan Kamu memiliki satu slogan untuk merek Kamu. Beberapa merek memiliki beberapa slogan yang digunakan untuk kampanye atau produk khusus. Yang terpenting, setiap slogan harus konsisten dengan merek Kamu.


10 komentar
  1. kalau ditelaah, dalam membuat slogan ini gampang-gampang susauh menurutku. KArena bisa mencakup bisnis yang kita usung biar personal brandingnya kuat. Beberapa contoh slogan diatas menarik untuk dipelajari lebih lanjut

    BalasHapus
  2. bikin slogan buat bisnis atau personal branding tuh gampang-gampang susah. kadang malah nemu secara kebetulan dan eh pas juga ya buat jadi slogan usaha nih.

    BalasHapus
  3. "connecting people" sihhh yang paling melekattt, bener2 dari jaman aku kecil bgt hape pertama nokia, tiap dinyalain ada gambar 2 tangan berjabat sama nadanya yang khas bgt. meskipun udah puluhan tahun gak pake merek itu lg, tapi slogannya tetep gak bs dilupakan

    BalasHapus
  4. Membuat slogan seperti itu butuh skill juga ya bagaimana cari value sebuah brand dan dituangkan agar jadi ciri khas brand tersebut

    BalasHapus
  5. Bikin slogan ini menurutku enggak mudah, selain perlu singkat juga perlu sesuai sama iklim bisnis dan visi misi. Tapi yg paling penting proses pencarian itu pasti melalui trial n error dulu sampai akhirnya ketemu yang pas. ❤️

    BalasHapus
  6. Bikin slogan itu ga mudah, karena harus sesuai dengan produknya itu sendiri. Walaupun brand brand terkenal slogannya terlihat simple, tp pasti ada banyak trial eror nya pas lg coba bikin. Tapi thanks yaa kak sudah sharing

    BalasHapus
  7. Hmm menarik.
    Ternyata bikin slogan serumit itu ya, tak heran ada konsultan branding yang upahnya bisa jutaan hanya untuk menciptakan satu slogan

    BalasHapus
  8. Wah, ide bagus nih. Pas banget, ini artikel yang saya cari. Ijin save link ya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap ka silahkan kalo mau disave

      Hapus
  9. Slogan ini penting banget sih sepertinya untuk menciptakan branding yang kuat. Contohnya ya brand-brand besar yang disebutkan di atas. Hanya dengan 3 - 5 kata, mereka sudah bisa menemukan slogan yang mewakili konsep, visi, dan misi brandnya.

    BalasHapus