GROWTH MINDSET CIRI-CIRI DAN CONTOHNYA, AKTIFKAN GROWTH MINDSETMU DAN LIHAT APA YANG TERJADI !!!

 Growth Mindset, Ciri-ciri serta Contohnya

Growth mindset, ciri growth mindset dan contoh growth mindset

Kreatifpreneur, Hai, gaes! Sudah pernah dengar tentang "Growth Mindset"? Ini bukanlah istilah asing lagi dalam dunia perkembangan diri dan produktivitas. Growth Mindset adalah konsep yang cukup menarik untuk pengembangan diri dalam menuju kesuksesan dalam segala hal dan dalam artikel ini, gue mau bahas secara mendalam. 

so, kalo lu pengen tau apa itu Growth Mindset dan bagaimana mengidentifikasinya? simak sampai selesai!


Apa Itu Growth Mindset?

Growth Mindset: Definisi dan Pemahaman Dasar

Growth Mindset, atau dalam bahasa Indonesianya dikenal sebagai "Pola Pikir Pertumbuhan," adalah cara berpikir yang mengutamakan keinginan untuk terus tumbuh dan berkembang. Orang dengan Growth Mindset percaya bahwa kemampuan mereka bisa ditingkatkan melalui usaha dan belajar. Mereka tidak takut untuk menghadapi tantangan atau kegagalan karena mereka melihatnya sebagai peluang untuk belajar.


Ciri-ciri Growth Mindset

Bagaimana kita bisa mengenali seseorang dengan Growth Mindset? Ada beberapa ciri yang bisa kita amati:


1. Selalu Mencari Tantangan

Orang dengan Growth Mindset senang mencari tantangan baru. Mereka tahu bahwa tantangan adalah peluang untuk tumbuh, bukan penghambat.


2. Menerima Kegagalan dengan Bijak

Mereka tidak merasa hancur jika mengalami kegagalan. Sebaliknya, mereka melihat kegagalan sebagai bagian dari proses belajar dan kesempatan untuk memperbaiki diri.


3. Berani Mencoba Hal Baru

Orang dengan Growth Mindset tidak takut untuk mencoba hal-hal baru. Mereka percaya bahwa dengan usaha dan dedikasi, mereka bisa menguasai apa pun.


4. Selalu Belajar

Mereka selalu berusaha untuk terus belajar dan mengembangkan keterampilan mereka. Mereka tahu bahwa pembelajaran tidak pernah berakhir.


5. Berpikir Jangka Panjang

Mereka memiliki pandangan jangka panjang dan fokus pada tujuan jangka panjang mereka. Mereka tahu bahwa hasil tidak selalu datang dengan cepat, dan mereka bersedia bekerja keras untuk mencapainya.


Contoh-contoh Growth Mindset dalam Kehidupan Sehari-hari

Sekarang, mari kita telusuri lebih dalam mengenai beberapa contoh nyata tentang bagaimana Growth Mindset dapat diterapkan dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari:


Growth Mindset dalam dunia Studi dan Pendidikan

Dalam dunia akademis, Growth Mindset adalah kunci sukses bagi siswa. Seorang siswa dengan pola pikir ini akan melihat kegagalan dalam ujian atau tugas sebagai peluang untuk memperbaiki diri. Mereka tidak hanya meratapi nilai rendah, melainkan mencari tahu di mana kesalahan terjadi dan berusaha lebih keras untuk memahami materi yang sulit.


Sebagai contoh, bayangkan seorang siswa yang mendapat nilai buruk dalam ujian matematika. Orang dengan Growth Mindset akan memikirkan cara untuk memperbaiki pemahaman mereka tentang konsep-konsep matematika yang sulit. Mereka mungkin mencari tutor, meminta bantuan guru, atau mencari sumber belajar tambahan. Mereka percaya bahwa dengan usaha ekstra, mereka bisa mengatasi kesulitan tersebut.


Growth Mindset dalam dunia Karier dan Pekerjaan

Dalam dunia kerja, Growth Mindset juga berperan penting. Seseorang dengan pola pikir ini akan selalu mencari peluang untuk tumbuh dan berkembang dalam pekerjaan mereka. Mereka tidak takut untuk mengambil risiko dengan mencoba proyek-proyek baru, bahkan jika mereka belum sepenuhnya yakin bisa berhasil. Mereka tahu bahwa setiap pengalaman adalah peluang belajar.


Sebagai contoh, bayangkan seorang profesional muda yang ditawari proyek besar yang di luar bidangnya. Seseorang dengan Growth Mindset akan menerima tawaran tersebut dan melihatnya sebagai kesempatan untuk memperluas pengetahuan dan keterampilan mereka. Mereka mungkin akan meminta bantuan rekan-rekan yang lebih berpengalaman dan belajar sebanyak mungkin selama proyek tersebut berlangsung.


Growth Mindset dalam Hubungan Pribadi

Dalam hubungan pribadi, Growth Mindset juga penting. Seseorang dengan pola pikir ini akan selalu berusaha untuk memahami pasangan mereka lebih baik dan terus berkembang sebagai individu. Mereka tidak menganggap hubungan sebagai sesuatu yang tetap dan tidak berubah.


Sebagai contoh, bayangkan pasangan yang menghadapi konflik dalam hubungan mereka. Seseorang dengan Growth Mindset tidak akan menyalahkan pasangannya atau menghindari konflik. Sebaliknya, mereka akan berusaha untuk berkomunikasi dengan baik, mendengarkan pendapat pasangan, dan mencari solusi bersama. Mereka percaya bahwa hubungan dapat terus tumbuh dan berkembang jika ada usaha dari kedua belah pihak.


Growth Mindset dalam Pengembangan Diri

Dalam pengembangan diri, seperti belajar bahasa baru atau menguasai keterampilan baru, seseorang dengan Growth Mindset akan gigih dan tidak pernah menyerah, meskipun awalnya sulit. Mereka tahu bahwa kemajuan tidak selalu terasa cepat, tetapi mereka bersedia bekerja keras untuk mencapainya.


Sebagai contoh, bayangkan seseorang yang ingin belajar bermain gitar. Pada awalnya, mereka mungkin merasa frustasi karena sulit menguasai chord-chord dasar. Namun, dengan tekun berlatih dan mencari sumber belajar, mereka akhirnya akan melihat kemajuan. Orang dengan Growth Mindset akan tetap termotivasi dan percaya bahwa mereka bisa menjadi seorang pemain gitar yang baik.


Dalam semua contoh di atas, Growth Mindset adalah kunci kesuksesan dan pertumbuhan. Ini adalah pola pikir yang memungkinkan seseorang untuk melihat peluang dalam setiap tantangan dan terus berkembang sebagai individu. Jadi, mulailah menerapkan Growth Mindset dalam kehidupan sehari-harimu, dan siapa tahu sejauh mana kamu bisa tumbuh dan mencapai potensimu yang sebenarnya!


BACA JUGA : CERITA KISAH MENGINSPIRASI KOMEDIAN "CHARLIE CHAPLIN", MAKNANYA DALAM !!!


FAQ (Pertanyaan yang Sering Diajukan)

1. Apakah Growth Mindset bisa dipelajari?

Ya, Growth Mindset bisa dipelajari. Ini adalah pola pikir yang dapat kita kembangkan melalui kesadaran dan latihan.


2. Bagaimana cara mengubah pola pikir menjadi Growth Mindset?

Mulailah dengan mengenali pola pikir tetap dan berubah, lalu praktikkan kemampuan untuk melihat tantangan sebagai peluang.


3. Apa perbedaan antara Growth Mindset dan Fixed Mindset?

Fixed Mindset percaya bahwa kemampuan adalah tetap, sementara Growth Mindset percaya bahwa kemampuan bisa berkembang.


4. Apa contoh lain dari penerapan Growth Mindset dalam kehidupan sehari-hari?

Contoh lainnya bisa mencakup menghadapi ketakutan, mengelola stres, dan berusaha untuk tetap positif dalam situasi sulit.


5. Apa manfaat utama memiliki Growth Mindset?

Manfaatnya termasuk peningkatan motivasi, kemampuan untuk mengatasi rintangan, dan pertumbuhan pribadi yang berkelanjutan.


Demikian artikel lengkap tentang growth mindset itu apa, contoh growth mindset dalam kehidupan sehari hari, ciri-ciri growth mindset dan peran growth mindset dalam hal pencapaian kesuksesan.

BACA JUGA : ANTARA PECI SONGKOK, SOEKARNO DAN ISLAM NUSANTARA


Indonesia
38 komentar
  1. Growth Mindset ini emang sangat penting, karena logikanya tidak ada hal yang stagnan di dunia ini. Semuanya dinamis dan bergerak. Saat kita punya pola growth mindet, kita bisa bergerak mengikuti dunia. Tapi jika tidak ya kita akan jalan di tempat. Fighting! ❤️

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seiring berkembangnya ilmu dan teknologi, pemikiran manusia juga terus dituntut untuk bisa menyelaraskan ya ... growth mindset inilah yang dibutuhkan untuk mengimbanginya itu

      Hapus
  2. Growth mindset inilah yang membuat teknologi berkembang, peradaban meningkat, bahkan menjadi tonggak bagi warna kehidupan manusia di masa depan. Di level ekstrim, manusia ingin membuat koloni di bulan dan planet mars. Manusia ingin membuat robot yang persis seperti manusia, dan lain sebagainya yang mungkin tidak masuk akal dan keluar dari norma akal sehat. Tapi itu lah manusia yang diciptakan oleh Tuhan demikian adanya.

    BalasHapus
  3. Growth Mindset emang penting buat siapapun agar bisa terus optimis melangkah dalam.meraih apapun tak peduli banyak rintangan didepannya akupun pelan2 belajar memahami Growth Mindset

    BalasHapus
  4. Selayaknya manusia yang diberi akal dan pikiran, sudah seharusnya memang kita bisa memanage pikiran sehingga menjadi supporter terbaik untuk kesuksesan, kelancaran dalam banyak aktivitas, dan sosialisasi dengan keluarga, lingkungan maupun masyarakat ya

    BalasHapus
  5. Melatih anak agar memiliki growth mindset harus dimulai dari diri sendiri juga ya ternyata. Saya pun sedang belajar untuk melatih ini agar tidak merasa buntu atau kalah oleh keadaan. Berat sih terutama di usia saya. Tapi jika tekun dilakukan saya rasa semua orang masih bisa berubah.

    BalasHapus
  6. Pembahasannya seru kak. Bisa jadi motivasi buat pembaca (baca: Saya) agar lebih fokus menumbuhkan Growth Mindset

    BalasHapus
  7. Growth mindset itu sama dengan berpikir lebih dewasa gak ya? Penting banget nih pola pikir seperti ini biar dalam pengambilan keputusan dipikirkan dengan matang dan bijaksana

    BalasHapus
  8. Growth Mindset ini istilah lainnya seseorang dengan problem solver terbaik gitu yaa..
    Karena ia bisa menemukan jawaban yang tepat atas kesulitan yang sedang dihadapi. Jadi inget pelatihan NLP yang bisa mengubah mindset negatif dengan mindset positif dari sudut pandang berbeda.

    BalasHapus
  9. informasi yang menarik. Mengenai growth mindset, saya pertama kali mengenal istilah itu melalui bukunya Carol S Dweck, dan memang benar-benar perlu diadopsi oleh kebanyakan orang.

    BalasHapus
  10. Paling suka artikel yang menambah semangat hidup seperti tulisan ini. Daripada membaca tulisan berisi keluh kesah kesusahan hidup, aku mendingan browsing nemu ginian.

    BalasHapus
  11. Wow! Tulisan yang sangat inspiratif! Keren banget lho kk, wajib diterapkan nih

    BalasHapus
  12. Bener banget. Nggak kebayang sempitnya dunia kalau punya mindset kaku. Peer banget nih bagi orang tua untuk membentuk pola pikir berkembang pada anak anaknya.

    BalasHapus
  13. Emg harus diawali niat yang kuat untuk bisa growth mindset, hrus juga berani keluar dari zona nyaman agar bisa mencapai tujuan yang lebih tinggi

    BalasHapus
  14. Growth Mindset ini hanya dimiliki oleh orang-orang yang mau berkembang. Beberapa cirinya sudah dijabarin oleh artikel ini dengan lengkap. Terimakasih banget informasinya lho

    BalasHapus
  15. Terimakasih sharing infonya..jadi mengenal apa itu growth mindset dan bagaimana upaya mengaktifkannya ..

    BalasHapus
  16. Berat ini tetapi kalau dipikir-pikir memang dibutuhkan agar semua berjalan seimbang

    BalasHapus
  17. Pentingnya Growth Mindset tak terbantahkan, karena dengan mindset yang terus berkembang, siapa pun bisa tetap penuh semangat menjalani perjalanan meraih impian, meskipun ada berbagai tantangan di depan. Saya sendiri pun sedang berupaya secara perlahan untuk lebih memahami konsep Growth Mindset ini.

    BalasHapus
  18. Artikel menarik yang sekaligus jadi reminder juga. Jujur saja, pola didik masa lalu kadang bisa membuat kita takut mencoba hal baru dan takut akan perubahan. Padahal sejatinya tidak semua perubahan itu buruk. Ada perubahan tertentu yang memang kita perlu lakukan. Jika seseorang memiliki growth mindset, maka akan mudah bagi dia beradaptasi dengan segala perubahan bahkan kegagalan. Org semacam ini pasti akan sukses dan jd lebih baik kedepannya. Interesting.

    BalasHapus
  19. Growth mindset memang harus ada pada diri kita. Apalagi kalau kita berada dalam dunia yang oenuh tantangan. Pikiran harus terus berkembang dan dikembangakan

    BalasHapus
  20. growth mindest ini selain menantang diri sendiri untuk berkembang seperti apa yang ada di dalam artikel, tetapi juga kemampuan kita untuk mendisiplinkan diri untuk konsisten mengatur waktu dan berkomitmen dengan janji atau planning yang kita buat..

    BalasHapus
  21. Growth Mindset ini bisa diterapkan dalam berbagai aspek kehidupan ya, Kak. Dari urusan pendidikan, pekerjaan, bisnis sampai ke relationship sekali pun. Senantiasa belajar dan memperbaiki diri itu penting

    BalasHapus
  22. Sepertinya aku butuh asupan growth mindset ini dalam jumlah banyak.. karena dunia sepertinya menarik ke zona kepesimisan dan kesulitan.. yang terpenting adalah bagaimana membuat dunia ini jadi tempat yang nyaman, walau harus berjibaku dengan segala tuntutannya yang terkadang membuat kita khawatir tidak akan mampu menghadapinya.

    BalasHapus
  23. Kalau mindset yang ditumbuhkan adalah hal positif maka dampaknya juga bagus ya buat perkembangan masa depan diri

    BalasHapus
  24. Wah asyik banget baca tulisan ini, sangat menginspirasi sekali

    BalasHapus
  25. Aku ini loh didunia kerja, saking minimnya bahasa inggris,takut utk ngomong sama atasan yang dari singapore, padahal ya kalo lagi traveling ke sing, atau thailand, walau terbata bata tetap aja berani ngomong.. cap cus aja, masih belum bisa ngalahin rasa Takut SALAH ucap :(

    BalasHapus
  26. Kita yang harus ubah ya kak karena kalau nggak mau mencoba maka nggak akan bisa mengubah apapun termasuk di dunia kerja

    BalasHapus
  27. Harus mengikuti perubahan selalu dan menambah skil plus mindsetnya dibuka supaya wawasan makin luas

    BalasHapus
  28. Wah bagus ya orang-orang yang punya growth mindset. Insya Allah saya sebenarnya suka merasa tertantang dan menguasai sebuah bidang, tapi masalahnya harus minat dulu. Kalau ga minat jadinya kurang tertarik deh

    BalasHapus
  29. soal growth mindset ini penting yaa.. makanya aku pun mencoba setiap hari selalu coba hal-hal baru untuk menambah kemampuan. sama sikap mau menerima kritikan.

    BalasHapus
  30. Sepakat, growth mindset ini penting banget lo agar pribadi kita juga berkembang dan bertumbuh menjadi lebih baik dari waktu ke waktu, karena belajar itu selama hayat masih di kandung badan

    BalasHapus
  31. Di tengah perkembangan zaman yang begitu cepat, kalo kita juga nggak ikutan bertumbuh, bakalan ketinggalan banget si ya.

    BalasHapus
  32. Menarik nih, kak. Ada rekomendasi buku yang membahas tentang growth mindset ini gak sih? Aku seringnya ketemu tentang stoik.

    BalasHapus
  33. Kayaknya saya udah dalam tahap capek mindsetnya nih. Perlu sesuatu biar bisa grow lagi.

    BalasHapus
  34. untuk punya growth mindset ternyata memang harus dilatih terus, terutama harus bisa diterapkan sejak dini. Agar terbiasa kedepannya dan terus bisa memiliki pemikiran ini

    BalasHapus
  35. dari kitanya juga ya yang kudu berubah pola pikir, dan terus belajar jangan sampai tertinggal

    BalasHapus
  36. Sepertinya aku juga harus mencoba Growth Mindset, supaya tetap berfikiran untuk tumbuh dan berkembang. Tidak terlarut dalam kegagalan dan mencoba menerima tantangan didepan:))

    BalasHapus
  37. Aku sebenernya tipikal orang yang nyaman berada di zona nyamanku sendiri.
    Tapi karena tau banget kalau hidup itu dinamis, jadi pola Growth Mindset juga kudu diterapkan di lini tertentu. Sehingga senantiasa berkembang dan semoga menjadi lebih baik di setiap harinya.

    BalasHapus