20+ CARA MAHASISWA MENGHASILKAN UANG TANPA MENGGANGGU WAKTU KULIAH!!! INI REALISTIS

 

20 CARA MAHASISWA MENGHASILKAN UANG TANPA MENGGANGGU WAKTU  KULIAH

20 Cara Mahasiswa Menghasilkan Uang Tanpa Mengganggu Waktu Kuliah

 

KreatifPreneur, 20 cara mahasiswa menghasilkan pendapatan uang tanpa mengganggu waktu kuliah. 20 usaha mahasiswa mandiri keuangan tanpa mengganggu waktu kuliah atau belajar. 

Menjadi Mahasiswa tentu menjadi tantangan tersendiri. Apalagi yang dihadapkan adalah kondisi yang memaksa harus survive di tanah perantauan. Atau bisa juga kamu yang pengen memulai hidup mandiri tanpa menjadi beban orang tua.

Sudah tahu belum, kalau ternyata ada banyak cara seru buat menghasilkan uang tanpa harus mengorbankan waktu kuliah kamu? Jadi, nggak perlu lagi bingung cari uang saku tambahan. Simak nih, beberapa ide jitu yang bisa kamu lakukan tanpa harus merusak jadwal belajar kamu

 

1. Jual Barang Preloved, Kini Trendy Banget

Saatnya ngubek-ngubek lemari dan kotak-kotak di kamarmu! Cari barang-barang preloved yang sudah nggak kamu butuhin, tapi masih bagus dan layak pakai. Kamu bisa jualan online di platform populer seperti OLX, Shopee, atau Tokopedia. Selain bisa nambah uang jajan, kamu juga membantu lingkungan dengan mengurangi sampah, lho!

 
2. Jadi Freelancer Online, Skillmu Bisa Bikin Uang!

Jika kamu punya skill khusus, seperti desain grafis, penulisan, atau programming, manfaatkan kemampuanmu sebagai freelancer. Buka akun di platform seperti Fiverr atau Upwork, di mana banyak orang mencari jasa profesional seperti yang kamu tawarkan. Dengan begitu, kamu bisa kerja fleksibel tanpa mengganggu jadwal kuliah.

 
3. Menjadi Dropshipper, Cuan Tanpa Stok Barang

Kalo kamu suka berjualan, tapi nggak mau ribet urusan stok barang, dropshipping bisa jadi pilihan tepat. Kamu cukup mempromosikan produk di media sosial atau toko online, lalu saat ada pembeli, kamu tinggal teruskan pesanan ke supplier. Supplier-lah yang akan mengirimkan barang langsung ke pembeli. Gampang kan?

 
4. Menjadi Influencer Media Sosial, Keren Abis!

Suka eksis di media sosial? Cobain deh jadi influencer. Ciptakan konten-konten menarik dan kreatif sesuai minatmu, seperti beauty, fashion, atau traveling. Kalau akunmu sudah punya banyak followers, brand-brand akan berdatangan untuk kerjasama. Dengan begitu, kamu bisa dapetin endorse produk atau jasa.

 
5. Jual Karya Seni atau Kerajinan Tangan, Bikin Hati Bahagia

Hobi bikin karya seni atau kerajinan tangan? Kenapa nggak mulai jualan karya-karyamu? Buat akun di platform khusus seniman atau ikut dalam pameran seni di sekitar kampusmu. Selain mendapatkan uang, kamu juga bisa meningkatkan apresiasi atas karya seni yang telah kamu buat.

 
6. Menjadi Guru Les Privat, Bagi Ilmu dan Cuan

Kamu punya pemahaman bagus di mata pelajaran tertentu? Kenapa nggak jadi guru les privat saja? Kamu bisa mengajar anak-anak sekolah atau mahasiswa yang membutuhkan bantuan. Bukan cuma bisa nambah uang, tapi juga kesempatan untuk berbagi ilmu dan memberi dampak positif bagi orang lain.

 
7. Buka Jasa Fotografi atau Videografi, Hasilkan Karya Memukau

Hobi fotografi atau videografi? Manfaatkan bakatmu ini untuk menghasilkan uang. Kamu bisa membuka jasa pemotretan atau pembuatan video untuk acara-acara seperti pernikahan, ulang tahun, atau acara lainnya. Lagi banyak yang butuh lho!

 
8. Menjadi Driver Ojol, Bekerja Sesuai Jadwal Sendiri

Jika punya motor atau mobil, kamu bisa jadi driver ojek online atau ojol. Bekerja sebagai driver ojol memberikan fleksibilitas, kamu bisa bekerja sesuai jadwal kuliah atau waktu luang. Plus, bisa sambil jalan-jalan dan bertemu banyak orang baru.

 
9. Menulis Artikel atau Konten, Buka Wawasan dan Dompet

Hobi nulis? Kamu bisa menyalurkan bakat menulismu dengan menjadi penulis artikel atau konten. Banyak website atau perusahaan yang membayar para penulis untuk membuat artikel informatif atau konten menarik untuk bisnis mereka.

 
10. Jual Produk Kuliner, Siapa Tahu Jadi Viral

Suka masak atau punya resep makanan unik? Coba buka bisnis kuliner dengan menjual makanan atau kue. Kamu bisa memasarkannya di kampus atau lewat media sosial. Siapa tahu, produkmu bakal jadi viral dan laris manis!

 
11. Jual Aksesori atau Fashion Murah Meriah

Mau tampil modis tapi budget terbatas? Jualan aksesori atau fashion murah meriah bisa jadi ide bisnis yang menarik. Cari supplier yang menyediakan produk dengan harga terjangkau dan pilih aksesori atau fashion yang lagi tren.

 
12. Menjadi Penyedia Jasa Fotocopy dan Print, Selalu Dibutuhkan

Di sekitar kampus pasti banyak mahasiswa yang butuh jasa fotocopy atau print. Kalau kamu tinggal dekat kampus, buka usaha fotocopy dan print bisa jadi peluang bisnis yang menjanjikan. Kamu bisa menawarkan harga bersaing dan layanan yang cepat.

 
13. Sewakan Kamar Kosong, Duit Masuk Terus

Kos-kosanmu punya kamar kosong? Sewakan saja! Mahasiswa lain pasti butuh tempat tinggal, apalagi kalau kamar kosongmu dekat dengan kampus. Kamu bisa dapat penghasilan bulanan tanpa banyak usaha.

 
14. Ikut Survey Online, Dapatkan Uang atau Voucher

Sekarang banyak platform survey online yang bayar kamu untuk berpartisipasi. Kamu bisa mengisi survey saat lagi santai di kampus atau kos. Nggak cuma dapat uang, tapi kadang juga bisa dapat voucher belanja, loh!


BACA JUGA : 10 CARA JITU AGAR LAMARAN KERJA DITERIMA!!!

 
15. Jual Produk Homemade, Ciptakan Kreasi Baru

Jika kamu mahir membuat produk homemade, seperti sabun, lotion, atau produk kecantikan lainnya, coba jual hasil karyamu tersebut. Kamu bisa mengemasnya menarik dan menjualnya di toko online atau bazaar di sekitar kampus.

 
16. Buka Kursus atau Workshop, Sebarkan Ilmumu

Punya keahlian khusus? Buka kursus atau workshop untuk orang-orang yang tertarik belajar darimu. Misalnya, kursus bahasa asing, keterampilan komputer, atau desain grafis. Selain mendapatkan uang, kamu juga bisa berinteraksi dengan orang-orang dengan minat serupa.

 
17. Jual Buku Bekas, Nggak Hanya Mengurangi Buku Tumpukan

Buku-buku bekas yang sudah tidak terpakai bisa kamu manfaatkan untuk dijual. Kamu bisa buka lapak di pasar loak, atau jual lewat platform jual-beli online. Selain dapat uang, kamu juga membantu orang lain yang mencari buku bekas dengan harga terjangkau.

 
18. Menjadi Online Tutor, Mengajar Tanpa Batas

Kamu pintar di bidang akademik tertentu? Kamu bisa jadi online tutor! Banyak platform yang mencari guru-guru yang bisa mengajar secara online. Kamu bisa mengajar dari mana saja dan kapan saja.

 
19. Jadi Model atau Kompars, Seru dan Membayar

Jika suka bergaya di depan kamera, jadi model atau kompars bisa jadi pilihan. Banyak produksi film atau iklan yang mencari wajah-wajah baru. Selain seru, kamu juga bisa dapat bayaran.

 
20. Jual Tiket atau Merchandise Acara Kampus, Praktis dan Menjanjikan

Setiap acara kampus pasti ada tiket dan merchandise, seperti kaos atau pin. Kamu bisa bekerja sama dengan panitia acara untuk membantu menjual tiket atau merchandise tersebut. Dengan begitu, kamu dapatkan komisi dari setiap penjualan yang kamu lakukan.

 

So, itulah 20 ide kreatif bagi mahasiswa untuk menghasilkan uang tanpa harus mengganggu waktu kuliah. Kamu bisa memilih beberapa ide yang sesuai dengan minat dan kemampuanmu. Selamat mencoba dan semoga sukses dalam menjalankan bisnis sampinganmu!

 

FAQ (Frequently Asked Questions):

 

Bisnis mana yang paling mudah untuk dijalankan oleh mahasiswa?

Pilihan bisnis yang paling mudah adalah menjadi driver ojol atau mengikuti survey online. Kedua opsi ini fleksibel dan bisa disesuaikan dengan waktu luangmu.

 

Apakah harus punya modal besar untuk membuka bisnis kuliner?

Tidak selalu. Kamu bisa memulai bisnis kuliner dengan modal kecil terlebih dahulu. Fokuslah pada makanan atau kue yang memiliki permintaan tinggi dan modal produksi yang terjangkau.

 

Bagaimana cara memasarkan karya seni atau kerajinan tangan?

Gunakan media sosial seperti Instagram atau Facebook untuk memamerkan karya-karyamu. Berikan keterangan menarik dan ajak orang-orang untuk memesan atau membeli produk dari kamu.

 

Berapa tarif yang biasa diberikan untuk jasa fotografi atau videografi?

Tarif untuk jasa fotografi atau videografi bervariasi tergantung dari skala dan kompleksitas proyek. Kamu bisa mengenakan tarif per jam atau per proyek, sesuai dengan standar harga di daerahmu.

 

Apakah menjadi influencer itu menghasilkan uang yang banyak?

Menghasilkan uang sebagai influencer bisa menjadi cukup menguntungkan, terutama jika akunmu sudah memiliki banyak followers dan mendapatkan tawaran kerjasama dengan brand terkenal. Namun, butuh kesabaran dan kerja keras untuk mencapai titik tersebut.

BACA JUGA : INFO LOKER PANGANDARAN !!!

11 komentar
  1. Wah keren banget nih idenya. Tampak ringan tapi beneran menghasilkan ya kak

    BalasHapus
  2. Sekarang pilihan kerja sambilan makin banyak, ya, Kak. Beda sama zaman saya dulu. Sekarang mahasiswa jadi banyak opsi nyari pengalaman kerja.

    BalasHapus
  3. Anakku yang mahasiswi caru duitnya ikutan survey online nih ka trus jadi pegawai riset waktu itu di Semarang dan lumayan bngt fee yg didapat buat nambahin uang sakunya...banyak cara sih ya asal mau dan tekun

    BalasHapus
  4. jadi inget waktu aku jadi mahasiswa dulu, memang sengaja pengen nyari side job buat pengalaman dan tambahan buat jajan juga. Dan tahun 2000an ga banyak pilihan, sosmed juga nggak sebanyak sekarang, kalau dulu mungkin masih friendster.
    Jadi aku nyari kerjaan waktu itu jadi guru privat di tempat les. Mau nggak mau aku harus balik belajar lagi tentang pelajaran anak SD

    BalasHapus
  5. banyak banget ya sekarang pilihan pekerjaan part time buat mahasiswa. mana lumayan banget juga dapatnya. jadi ingat dulu pas kuliah aku juga kerja part time jaga rental buku lumayan banget itu buat nambahin uang jajan

    BalasHapus
  6. Salah satu pekerjaan yang aku lakukan pas kuliah adalah ngajar les bimbel ataupun privat. Jujur ini lumayan banget hasilnya bisa buat beli barang diinginkan kala itu. Thanks ka untuk artikelnya!

    BalasHapus
  7. Luar biasa, dan gak hanya untuk mahasiswa, ini bagi saya ibu rumah tangga juga bisa diterapkan lho ya....

    BalasHapus
  8. Wah, list ini sepertinya bisa juga diaplikasikan ke hampir semua orang ya, termasuk IRT. Bisnis-bisnis atau usaha kecil yang ditekuni lama-lama bisa jadi besar, itu setidaknya yang saya pahami. Sehingga saya pun sekarang sedang coba merintis beberapa poin di atas.

    BalasHapus
  9. Sebenarnya ketika kita kreatif dan mau berusaha, masih sekolah atau kuliah pun tetap bsia menghasilkan cuan. Bahkan nih ya, di daerah saya ada lho, usia sejak 16tahun berbisnis, dan dia bisa mengatur jadwalnya dengan jadwal sekolah.

    Kalau saya sekarang sedang mencoba konsen untuk menulis, sambilan kerja selain kerja di kantor.

    BalasHapus
  10. Kalau dulu kerja sambilan mahasiswa ya ngelesi atau klo nggak ikut penelitian dosen
    Sekarang banyak ya kak

    BalasHapus
  11. Jadi freelancer, banyak dilakoni mahasiswa. Terutama menulis seperti ikut lomba nulis atau lomba SEO. Udah banyak tau para mahasiswa yang cuan karenanya.

    BalasHapus