10 CARA JITU AGAR LAMARAN KERJA DITERIMA!!!

 

10 cara jitu agar lamaran kerja diterima

10 CARA JITU AGAR LAMARAN KERJA DITERIMA

 

Halo teman-teman pejuang karir!

Kreatifpreneur, Kalian pasti setuju bahwa mencari pekerjaan itu bisa sangat menegangkan, ya kan? Salah satu tantangannya adalah membuat lamaran kerja yang mampu memikat perhatian calon majikan. Jangan khawatir, dalam artikel ini, aku akan berbagi denganmu Cara Jitu Agar Lamaran Kerja Diterima! Kami akan membahas tips-tips terbaik yang bisa kamu terapkan untuk menghadapi proses pencarian pekerjaan dengan percaya diri. Jadi, simak baik-baik, ya!

 

1. Kenali Diri dan Tujuan Karirmu

Sebelum kamu mengirimkan lamaran, penting untuk benar-benar mengenali dirimu sendiri dan apa yang ingin kamu capai dalam karirmu. Pertimbangkan keahlian, minat, dan nilai-nilai pribadimu. Pastikan tujuan karirmu sesuai dengan posisi yang kamu lamar. Semakin jelas visi karirmu, semakin mudah kamu menarik perhatian perusahaan yang cocok.

 

2. Rancang Resume yang Menarik

Resume adalah kartu nama pertamamu, jadi buatlah se-eye-catching mungkin! Gunakan format yang bersih dan mudah dibaca, sertakan pengalaman relevan, dan sorot pencapaian yang mengesankan. Jangan lupa untuk menyertakan kata kunci yang sesuai dengan bidang pekerjaan yang kamu inginkan agar lebih mudah ditemukan oleh sistem applicant tracking.

 

3. Buat Surat Lamaran yang Personal

Tolong, jangan pernah mengirimkan surat lamaran generik! Selalu sertakan nama penerima dengan benar dan kenali perusahaan yang kamu lamar. Ceritakan mengapa kamu tertarik untuk bergabung dengan perusahaan mereka dan bagaimana kontribusimu dapat memberikan dampak positif bagi mereka.

 

3.1 Tampilkan Dedikasi dengan Research

Kamu bisa menarik perhatian perusahaan dengan menunjukkan dedikasi melalui riset yang matang. Cari tahu sebanyak mungkin tentang perusahaan, visi-misi mereka, dan capaian terbaru. Sertakan hasil riset tersebut dalam surat lamaranmu untuk menunjukkan betapa seriusnya niatmu bekerja di sana.

 

3.2 Ceritakan Kisah Sukses dalam CV (H2)

Jangan hanya sebutkan daftar pengalaman kerjamu, tapi ceritakan juga kisah sukses di baliknya. Bagaimana kamu berhasil mengatasi tantangan atau memberikan kontribusi berarti di tempat kerjamu sebelumnya? Cerita sukses ini akan menambah nilai bagi lamaranmu.

 

4. Perkuat Jaringan

Bukan rahasia lagi bahwa banyak pekerjaan didapat melalui jaringan. Luangkan waktu untuk berhubungan dengan orang-orang dalam industri yang kamu minati. Bisa jadi, ada lowongan pekerjaan yang belum dipublikasikan secara terbuka, tetapi dapat diketahui melalui jaringanmu.

 

Baca Juga : Loker Pangandaran

5. Pertimbangkan Pengalaman Magang

Jika kamu baru lulus atau ingin berpindah karir, pertimbangkan untuk mengikuti program magang. Ini adalah kesempatan bagus untuk memperluas pengetahuanmu, mengasah keterampilan, dan membangun jaringan. Bukan tidak mungkin magangmu berlanjut menjadi pekerjaan tetap.

 

5.1 Kembangkan Soft Skills

Dalam program magang, fokuslah untuk mengembangkan soft skills seperti kerjasama, komunikasi, dan adaptabilitas. Kemampuan ini sangat dihargai oleh perusahaan dan bisa menjadi poin tambahan dalam lamaranmu.

 

5.2 Tunjukkan Semangat Belajar

Ketika magang, tunjukkan semangatmu dalam belajar hal-hal baru. Jangan ragu untuk bertanya dan tunjukkan bahwa kamu siap untuk menghadapi tantangan demi mengembangkan diri.

 

6. Bangun Reputasi Online

Saat ini, hampir semua perusahaan melakukan pengecekan profil media sosial calon karyawan. Pastikan profilmu bersih dari konten yang tidak pantas dan tampilkan aktivitas yang menunjukkan minat dan kepribadian positif.

 

6.1 Manfaatkan LinkedIn

LinkedIn adalah platform yang sangat berharga untuk membangun jejaring profesional. Pastikan profilmu lengkap, sertakan keahlian, proyek yang pernah kamu kerjakan, dan rekomendasi dari kolega sebelumnya.

 

6.2 Jaga Konsistensi

Usahakan konsistensi dalam penggunaan nama di berbagai platform media sosial. Ini akan mempermudah calon perekrut menemukan informasi tentang dirimu.

 

7. Bangun Portofolio

Jika pekerjaanmu berkaitan dengan karya-karya tertentu, buatlah portofolio online yang menampilkan proyek-proyek terbaikmu. Portofolio ini akan memberikan gambaran lebih jelas tentang kemampuan dan kreativitasmu.

 

8. Persiapkan Diri untuk Wawancara

Saat kamu sudah berhasil melewati seleksi administrasi, persiapkan dirimu untuk menghadapi wawancara. Berlatihlah menjawab pertanyaan umum dan khusus bidang kerja yang kamu lamar. Pastikan juga penampilanmu rapi dan sesuai dengan kultur perusahaan.

 

8.1 Kenali Perusahaan dengan Baik

Tanyakan pertanyaan yang menunjukkan bahwa kamu benar-benar tertarik dan mengenal perusahaan tersebut. Ini akan menunjukkan kesungguhan dan antusiasme kamu.

 

8.2 Tunjukkan Potensi Diri

Jangan hanya fokus pada apa yang sudah kamu lakukan, tapi juga tunjukkan potensi dan ambisimu ke depan. Bicarakan rencana masa depanmu dan bagaimana kamu ingin memberikan kontribusi bagi perusahaan.

 

9. Jangan Pernah Menyerah!

Ingat, mencari pekerjaan memerlukan waktu dan usaha. Kamu mungkin menghadapi beberapa kali penolakan, tapi jangan pernah menyerah! Tetaplah gigih dan terus kembangkan diri.

 

Kesimpulan

Pencarian pekerjaan memang bisa menantang, tetapi dengan mempersiapkan diri secara matang dan menerapkan Cara Jitu Agar Lamaran Kerja Diterima yang telah kita bahas, peluangmu untuk diterima akan semakin meningkat. Kenali dirimu dengan baik, tunjukkan dedikasi, dan jangan lupa untuk selalu memperbarui dirimu dengan keterampilan terbaru.

 

Saat kamu berhasil mendapatkan pekerjaan yang kamu idamkan, ingatlah bahwa perjalanan karirmu masih berlanjut. Selalu belajar dan berkembang, dan siapkan diri untuk menghadapi tantangan baru.

 

Pertanyaan yang biasanya ditanyakan oleh netizen :

1. Bagaimana cara membuat resume yang menarik?

Untuk membuat resume yang menarik, gunakan format yang bersih, sorotkan pengalaman relevan, dan tampilkan pencapaian yang mengesankan. Jangan lupa sertakan kata kunci yang sesuai dengan bidang pekerjaan yang kamu inginkan.

 

2. Apakah pengalaman magang dapat membantu lamaran kerja saya?

Ya, pengalaman magang dapat membantu meningkatkan peluang lamaranmu diterima. Selama magang, kembangkan soft skills dan tunjukkan semangat belajarmu.

 

3. Mengapa penting memiliki reputasi online yang baik?

Reputasi online yang baik dapat meningkatkan citra dirimu di mata calon perekrut. Pastikan profil media sosialmu bersih dan tampilkan aktivitas positif yang menunjukkan minat dan kepribadian yang baik.

 

4. Mengapa saya perlu mengenali perusahaan dengan baik sebelum wawancara?

Mengenali perusahaan dengan baik menunjukkan kesungguhan dan antusiasme kamu terhadap posisi yang kamu lamar. Hal ini juga membantu kamu menyesuaikan jawabanmu dengan budaya dan nilai perusahaan.

 

5. Apa yang harus saya lakukan jika menghadapi beberapa kali penolakan dalam mencari pekerjaan?

Jangan menyerah! Tetap gigih, perbaiki kelemahanmu, dan terus kembangkan diri. Jangan ragu untuk mencari feedback dari penolakan sebelumnya dan gunakan sebagai bahan untuk peningkatan diri.

 

Semoga artikel ini membantu kamu dalam mencari pekerjaan impianmu. Ingat, kamu bisa melakukannya! Selamat mencoba dan semoga sukses dalam perjalanan karirmu!

1 komentar
  1. Intinya jangan menyerah ya kak, walau udah puluhan kirim lamaran belum ada panggilan :) heheh

    BalasHapus