Setelah Beli Mobil Bekas, Ini Bagian Utama yang Part-nya Harus Segera Diganti


Kreatifpreneur, Membeli mobil bekas bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mendapatkan kendaraan impian dengan harga yang lebih terjangkau. Namun, membeli mobil bekas juga berarti Anda harus siap untuk menanggung risiko yang lebih besar daripada membeli mobil baru. Salah satu risiko tersebut adalah kemungkinan adanya bagian mobil yang sudah aus atau rusak dan perlu diganti.

Untuk menghindari masalah di masa depan, penting bagi Anda untuk mengetahui bagian utama mobil bekas yang harus segera diganti setelah membeli mobil bekas. Dalam artikel ini, kami akan membahas secara detail bagian-bagian mobil bekas yang harus segera diganti agar mobil Anda bisa berjalan dengan lancar. Jadi, simaklah artikel ini sampai selesai!

1. Oli dan Filter Oli

Pastikan untuk memeriksa kualitas oli dan filter oli mobil Anda. Jika kualitas oli sudah buruk atau filter oli kotor, maka Anda harus segera menggantinya. Jangan lupa untuk memeriksa kapan terakhir kali oli diganti dan pastikan untuk menggantinya jika sudah melebihi batas waktu atau jarak tempuh yang disarankan.

2. Kuras Minyak Rem dan Air Radiator

Menjaga mobil bekas agar tetap dalam kondisi baik memerlukan perhatian terhadap beberapa komponen, seperti minyak rem dan air radiator. Kedua komponen tersebut harus diganti setelah membeli mobil bekas. Minyak rem harus dikuras dan diganti dengan yang baru untuk meningkatkan daya pengereman dan mencegah sumbatan pada jalur minyak rem akibat kotoran.

Selain itu, air radiator juga harus dikuras untuk mencegah terjadinya overheat pada mobil akibat saluran yang tersumbat. Untuk penggunaan air radiator, sebaiknya menggunakan radiator coolant dengan spesifikasi standar pabrikan. Dengan demikian, mobil bekas dapat tetap terjaga kinerjanya dan terhindar dari masalah yang bisa merusak komponen mobil.

3. Filter Udara

Penyaring udara berguna untuk menjaga agar bagian dalam mesin terbebas dari debu. Dengan penyaring udara yang baik, aliran udara yang masuk ke mesin dapat terjaga, sehingga kinerja kendaraan tidak terganggu.

Mengganti penyaring udara cukup mudah dilakukan. Jika belum pernah mengganti penyaring udara, pemilik mobil bekas dapat melihat petunjuknya di buku manual. Selain itu, jika tidak ingin repot, pengguna juga dapat membawa mobil ke bengkel untuk diganti.

Selain tiga poin di atas, beberapa perawatan lain juga perlu dilakukan setelah membeli mobil bekas, seperti penyetelan keseimbangan roda dan penyetelan sudut roda depan agar stabilitas mobil terjaga.

Selain itu, pembeli mobil bekas perlu melakukan pemeriksaan menyeluruh. Beberapa komponen utama seperti busi, sistem pendingin, dan sistem kelistrikan harus diperiksa. Disarankan agar pengguna membawa mobil ke bengkel untuk melakukan pemeriksaan tersebut.

referensi
Posting Komentar