Pengertian Western Union dan Sejarahnya

Kreatifpreneur, Western Union adalah sebuah perusahaan layanan keuangan global yang terkenal dengan layanan pengiriman uang internasional. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1851 di Rochester, New York, Amerika Serikat, dan telah beroperasi selama lebih dari 170 tahun. Dalam artikel ini, kita akan membahas pengertian Western Union dan sejarahnya.

sumber: Topremit Blog

Pengertian Western Union

Western Union adalah sebuah perusahaan layanan keuangan global yang menyediakan layanan pengiriman uang internasional. Perusahaan ini melayani pelanggan di lebih dari 200 negara di seluruh dunia dan memungkinkan pengiriman uang dalam berbagai mata uang.

Sejarah Western Union

Western Union didirikan pada tahun 1851 oleh Ezra Cornell, seorang pengusaha telekomunikasi asal Amerika Serikat. Awalnya, perusahaan ini didirikan sebagai perusahaan telegraf, yang bertujuan untuk menyediakan layanan telegraf ke seluruh Amerika Serikat. Pada tahun 1861, Western Union mengambil alih Amerika Selatan Telegraph Company, yang memungkinkan perusahaan untuk memperluas jangkauannya ke Amerika Selatan.

Selama Perang Saudara Amerika pada tahun 1861 hingga 1865, Western Union memainkan peran penting dalam mentransmisikan pesan militer dan diplomatik. Setelah perang, Western Union mulai memperluas bisnisnya dengan menawarkan layanan uang dan uang pos.

Pada tahun 1871, Western Union memperkenalkan sistem pengiriman uang yang inovatif dan revolusioner. Sistem ini memungkinkan pengguna untuk mengirim uang melalui jaringan agen Western Union yang tersebar di seluruh dunia. Sistem ini sangat sukses dan menjadi bisnis inti Western Union.

Pada tahun 1914, Western Union mulai menawarkan layanan telepon, yang kemudian berkembang menjadi bisnis telepon internasional. Pada tahun 1933, perusahaan ini memperkenalkan layanan kargo udara, yang menjadi bisnis yang sangat sukses pada masanya.

Pada tahun 1984, Western Union memperkenalkan layanan transfer uang elektronik, yang memungkinkan pengguna untuk mentransfer uang melalui telepon atau komputer. Pada tahun 1995, Western Union menjadi bagian dari First Data Corporation, sebuah perusahaan layanan keuangan global yang lebih besar. Pada tahun 2006, Western Union menjadi perusahaan yang terpisah dari First Data Corporation.

BACA JUGA : 10 Contoh Usaha Mikro di Bidang Jasa Modal kecil Untung Besar !!!

Keunggulan Western Union

Western Union memiliki sejumlah keunggulan yang membuatnya menjadi pilihan bagi banyak pelanggan. Beberapa keunggulan tersebut antara lain:

1. Jaringan global

Western Union memiliki jaringan agen yang tersebar di lebih dari 200 negara di seluruh dunia, sehingga memudahkan pelanggan untuk mentransfer uang ke hampir semua negara di dunia.

2. Kecepatan pengiriman

Western Union menyediakan layanan pengiriman uang yang cepat dan dapat diandalkan. Pelanggan dapat mengirim uang dalam waktu kurang dari 24 jam ke seluruh dunia.

3. Biaya yang terjangkau

Western Union menawarkan biaya yang terjangkau untuk mentransfer uang internasional. Biaya yang dikenakan bervariasi tergantung pada negara tujuan dan jumlah uang yang akan dikirim, namun tetap tergolong terjangkau jika dibandingkan dengan biaya pengiriman uang melalui bank.

4. Kemudahan penggunaan

Western Union menyediakan layanan yang mudah digunakan, baik melalui agen resmi di lokasi atau melalui aplikasi online. Pelanggan dapat mentransfer uang dengan mudah tanpa perlu memiliki rekening bank.

5. Keamanan

Western Union memiliki sistem keamanan yang ketat dan memastikan setiap transaksi dilakukan dengan aman dan terjamin.

Cara Mengirim Uang Melalui Western Union

Untuk mengirim uang melalui Western Union, pelanggan dapat  langkah-langkah berikut:

1. Pilih agen Western Union

Pelanggan dapat mencari agen Western Union terdekat di lokasi atau melakukan transfer melalui aplikasi online Western Union.

2. Isi formulir pengiriman uang

Pelanggan harus mengisi formulir pengiriman uang dengan data penerima, negara tujuan, dan jumlah uang yang akan dikirim.

3. Bayar biaya transfer

Setelah mengisi formulir, pelanggan harus membayar biaya transfer melalui tunai atau menggunakan kartu kredit.

4. Berikan kode transfer

Setelah membayar biaya transfer, pelanggan akan menerima kode transfer yang harus diberikan kepada penerima untuk mengambil uang.

5. Berikan kode transfer kepada penerima

Penerima harus memiliki kode transfer untuk mengambil uang di agen Western Union.

Kesimpulan

Western Union adalah perusahaan layanan keuangan global yang telah beroperasi selama lebih dari 170 tahun. Perusahaan ini menawarkan layanan pengiriman uang internasional yang cepat, terjangkau, dan mudah digunakan dengan jaringan agen yang tersebar di seluruh dunia. Dalam mengirim uang melalui Western Union, pelanggan harus mengikuti langkah-langkah yang telah ditentukan agar proses pengiriman uang berjalan dengan lancar dan aman.

Posting Komentar