PENGERTIAN CREATIVEPRENEUR DAN CONTOH BERIKUT PENJELASAN DETAILNYA


Kreatifpreneur, Kamu pasti sudah tahu kalau dunia bisnis sekarang sedang ngetren dengan yang namanya creativepreneur. Tapi, kamu sudah pada tahu belum sih sebenarnya apa itu creativepreneur? Atau mungkin punya keinginan untuk memulai bisnis kreatif? 
Yuk simak artikel ini sampai habis!

Creativepreneur sebenarnya adalah sebutan untuk para pelaku bisnis kreatif. Mereka adalah orang-orang yang punya ide-ide kreatif dan inovatif untuk menciptakan produk atau jasa yang unik dan berbeda dari yang lain. Mereka juga biasanya punya kemampuan untuk memasarkan produk atau jasa mereka dengan cara yang kreatif dan menarik.

Apa Itu Creativepreneur?



Berdasarkan Sumber akademik refensi tentang Creativepreneur masih sangat sedikit. Kami baru menemukan beberapa referensi yang salah satunya berasal dari Masoem University di Bandung Jawa Barat.

1. Menurut Masoem University 

Menurut Masoem University pengertian creativepreneur dapat diartikan sebagai pelaku usaha yang kreatif. Istilah ini terdiri dari dua kata yaitu "creative" dan "entrepreneur". Seorang creativepreneur adalah seseorang yang tertarik dalam dunia bisnis dan memiliki ide serta kreativitas yang tinggi, didukung dengan inovasi-inovasi terbaru agar dapat meningkatkan penjualan dan hasil bisnisnya.

2. Pakar marketing, Lise Benun (2011)

Lise Benun juga mengemukakan bahwa creativepreneur adalah seseorang yang memulai atau menjual bisnisnya dengan menggunakan ide kreatif. Dalam hal ini, ide kreatif menjadi modal utama untuk menciptakan nilai tambah dan membedakan bisnis dari pesaing-pesaingnya. Oleh karena itu, kreativitas dan inovasi merupakan kunci kesuksesan bagi seorang creativepreneur dalam mengembangkan bisnisnya.

Sebenarnya Pengertian "creativepreneur" per tulisan ini dibuat belum menjadi istilah resmi dalam dunia akademik secara global maupun dalam skala nasional, dan karena itu tidak ada definisi yang secara khusus dikemukakan oleh para ahli tertentu. Istilah ini lebih umum digunakan dalam ranah bisnis kreatif dan industri kreatif daripada dalam literatur akademik formal.


Namun, disisi lain ada beberapa tokoh dan sumber terkemuka dalam dunia kewirausahaan kreatif dan bisnis kreatif mungkin memberikan wawasan tentang konsep ini. Contohnya adalah:

1. Pakar Bisnis Kreatif seperti David Parrish 

David Parrish adalah seorang konsultan bisnis kreatif dan penulis yang banyak berbicara tentang kewirausahaan kreatif dari Inggris. Meskipun mungkin tidak secara khusus menggunakan istilah "creativepreneur," dia membahas bagaimana individu dalam industri kreatif dapat menggabungkan kreativitas dengan bisnis.


2. Pakar Kewirausahaan seperti Peter Fisk

Peter Fisk adalah seorang pakar dalam berbagai aspek kewirausahaan. Dia mungkin telah memberikan wawasan tentang bagaimana wirausaha kreatif memadukan kreativitas dengan aspek bisnis dalam berbagai tulisannya.


3. Pakar Bisnis Digital seperti Gary Vaynerchuk

Gary Vaynerchuk adalah seorang pengusaha digital yang sering berbicara tentang penggunaan media sosial dan konten kreatif dalam dunia bisnis. Meskipun fokusnya berbeda, gagasannya mungkin memberikan wawasan tentang bagaimana kreativitas dapat memainkan peran dalam bisnis.

Bisnis kreatif sendiri sangatlah luas, mulai dari bisnis fashion, kuliner, desain grafis, musik, film, dan masih banyak lagi. Jadi, kalau kamu punya passion di salah satu bidang tersebut, kamu bisa memulai bisnis kreatifmu sendiri.


Contoh Creativepreneur

1. Konten Kreator 

Pembuat konten adalah seseorang atau kelompok orang yang membuat berbagai jenis konten dengan topik tertentu atau promosi produk/layanan di media sosial. Sebagai contoh, pembuat konten dalam bidang gaming. Kamu dapat mengikuti langkah-langkah sederhana untuk menjadi seorang pembuat konten pemula. Pembuat konten termasuk dalam kategori creativepreneur.

2. Bisnis Online Shop

Contoh creativepreneur yang kedua adalah toko online. Pemilik toko online adalah pelaku bisnis yang menjual produknya melalui e-commerce atau media sosial. Kamu yang ingin mencoba bisnis ini perlu membuat berbagai iklan dan promosi yang kreatif. Oleh karena itu, bisnis ini termasuk dalam kategori creativepreneurship. Mengingat belanja online telah menjadi tren di kalangan anak muda, bisnis ini semakin memiliki potensi yang besar lho.

3. Mobile App Platform 

Bisnis aplikasi mobile kini makin banyak jumlahnya. Bisni ini akan menawarkan produk atau jasa dengan menciptakan aplikasi seluler sendiri. Sebagai contoh yang ada Indonesia, perusahaan seperti Gojek dan Grab. 

Bisnis ini memerlukan banyak ide kreatif untuk menghasilkan kampanye yang menarik perhatian banyak orang.

4. Paket Bahan Masakan

Menurut Majoo, bisnis paket bahan masakan termasuk dalam kategori creativepreneur atau bisnis kreatif dengan modal yang sedikit. Jika kamu memiliki hobi memasak dan suka bereksperimen dengan resep, bisnis ini mungkin akan cocok untukmu. Kamu dapat memulainya dengan membuat blog pribadi tentang resep-resep yang kamu miliki. Kemudian, menawarkan bahan masakan sesuai resep yang kamu miliki melalui toko online atau melalui sosial media.

5. Bisnis Makanan Cemilan Unik

Bisnis kreatif ini memiliki potensi yang besar, terutama jika kamu menemukan cemilan-cemilan yang enak dan unik. Cemilan yang sudah ada di pasaran juga dapat kamu kembangkan lagi menjadi makanan unik berdasarkan eksperimenmu sendiri. 

Baca Juga : 150 lebih Ide Nama Usaha Cemilan Unik

Kamu dapat memulainya dengan menawarkan kreasi camilanmu kepada teman sebagai analisis respon pelanggan. Setelah kamu yakin dengan cemilan yang kamu buat, kamu dapat mulai merencanakan branding dengan membuat logo, harga, dan cara penjualannya. 

Jangan ragu untuk bertanya kepada orang lain tentang produk yang akan kamu jual. Hal ini dapat membantumu untuk mendapatkan saran atau feedback dan berguna untuk menciptakan produk yang disukai oleh pelanggan.

6. Musisi Independen

Seorang musisi independen yang merilis musik mereka sendiri, mengelola konser dan promosi sendiri, serta menciptakan pendapatan dari musik mereka. Contoh riil yang bisa kita temui seperti Gitaris atau Youtuber Alip Ba Ta. Kamu bisa Searching di Youtube, karena saking suksesnya bahkan sering dibuat video respon oleh youtuber-youtuber luar negeri.

7. Desainer Permainan (Game)

Seorang desainer permainan independen yang mengembangkan permainan video atau aplikasi mobile mereka sendiri lalu menjualnya di Play Store atau Appstore.


Demikian Pengertian Creativepreneur dan Contoh berikut penjelasan detailnya. Semoga bermanfaat.


Referensi :

DoCheck | https://docheck.id/pengertian-creativepreneur-contoh-dan-tips/

Indonesia
Posting Komentar