Ide Bisnis Jualan di Bulan Ramadhan 2023

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang sangat spesial bagi umat muslim di seluruh dunia. Selain sebagai bulan suci untuk berpuasa, bulan ini juga menjadi momen penting untuk berbisnis. Di Indonesia sendiri, Bulan Ramadhan menjadi momen penting untuk para pedagang yang ingin meningkatkan penjualannya. Oleh karena itu, pada artikel ini akan dibahas mengenai ide bisnis jualan yang bisa dilakukan pada bulan Ramadhan 2023 kali ini.

1. Jualan Takjil

finansialku.com


Jualan Takjil Tradisional

Takjil tradisional selalu menjadi pilihan utama bagi sebagian besar orang saat berbuka puasa. 

Contoh dapat menjual takjil seperti 

  1. Kolak
  2. Burjo/Bubur Kacang Ijo
  3. Bubur sumsum
  4. Es buah
  5. Kurma
  6. dan masih banyak lagi

Takjil tradisional biasanya memiliki cita rasa yang khas dan mudah diterima oleh banyak orang. Jangan lupa untuk menawarkan varian takjil yang berbeda setiap harinya agar pelanggan tidak bosan.

Jualan Takjil Modern

Selain takjil tradisional, takjil modern juga menjadi pilihan bagi sebagian orang. Anda bisa menyediakan takjil yang lebih modern seperti 

  1. Puding
  2. Cokelat
  3. atau makanan kecil yang unik dan menarik

Takjil modern biasanya memiliki tampilan yang menarik sehingga dapat menarik perhatian pelanggan.

Jualan Takjil Sehat

Banyak orang yang menjalankan pola hidup sehat pada bulan Ramadhan. Anda dapat memanfaatkan peluang ini dengan menyediakan takjil yang sehat dan mengandung banyak nutrisi. Anda bisa menyediakan takjil berbahan dasar buah-buahan segar, smoothie, atau minuman yang rendah gula.

Jualan Takjil Spesial

Anda juga bisa menjual takjil spesial yang hanya tersedia pada bulan Ramadhan. Misalnya, takjil dengan bahan dasar kurma, kacang hijau, atau tape ketan hitam. Takjil spesial seperti ini biasanya sangat diminati oleh pelanggan karena memiliki rasa yang unik dan hanya tersedia pada waktu tertentu.

2. Menjual Hampers Kue Lebaran

Hampers kue Lebaran merupakan salah satu ide bisnis yang sangat menguntungkan pada bulan Ramadhan. Hampers kue Lebaran biasanya terdiri dari berbagai macam kue kering dan kue basah yang dijual dalam satu paket. Bisnis ini bisa dilakukan dengan bekerja sama dengan produsen kue kering atau bisa juga dengan membuat sendiri kue-kue tersebut.

3. Parcel

Di Indonesia, pengiriman parcel pada saat lebaran sudah menjadi kebiasaan yang lazim dilakukan. Pekerja kantoran pun kerap kali menerima tunjangan hari raya berupa parcel.

Jika Anda menjadi salah satu produsen parcel, maka tentu akan dibanjiri pesanan. Namun, tentu saja tidak boleh sembarangan. Buatlah desain parcel semenarik mungkin agar pelanggan puas dengan produk yang Anda tawarkan.

Selain itu, Anda juga dapat mengkreasikan isi parcelnya. Tidak hanya terbatas pada roti dan sirup, Anda dapat mengganti dengan barang pecah belah, peralatan ibadah, buku, dan lain sebagainya.

4. Jualan Ketupat Lebaran


Pertengahan bulan ramadhan hingga menjelang lebaran, biasanya mulai ramai dengan ketupat. Anda bisa mencoba untuk berjualan cangkang ketupat yang terbuat dari daun muda pohon kelapa. Anda juga bisa mencoba berjualan ketupat matang menjelang lebaran.
Posting Komentar