Cara Agar Blog Kita Banyak Pengunjung dari Traffic Organik

Cara Agar Blog Kita Banyak Pengunjung  dari Traffic Organik


Kreatifpreneur, Mempunyai blog yang banyak pengunjung tentu menjadi impian bagi setiap blogger. Namun, bagaimana caranya agar blog kita banyak pengunjung? Salah satu cara yang efektif adalah dengan meningkatkan traffic organik. Traffic organik adalah pengunjung yang datang ke blog kita melalui mesin pencari seperti Google, Bing, atau Yahoo. Berikut adalah beberapa tips untuk meningkatkan traffic organik pada blog kita.

1. Gunakan Kata Kunci yang Tepat

Kata kunci atau keyword adalah kata atau frasa yang dicari oleh pengguna mesin pencari. Oleh karena itu, penting untuk menggunakan kata kunci yang tepat dan relevan dengan topik yang kita bahas di blog kita. Gunakan kata kunci tersebut di judul, subjudul, dan isi artikel kita. Namun, jangan terlalu banyak menggunakan kata kunci karena hal tersebut dapat dianggap sebagai spam oleh mesin pencari.

Kalo kamu bingung mencari kata kunci yang akan dipilih, kamu bisa memilih beberapa tools bantuan seperti google keyword planner, ahref ataupun ubbersugest. 

*(komen dibawah jika kamu pengen dibuatkan panduan cara riset keyword)

2. Buat Konten yang Berkualitas

Semenjak google melakukan update terus, salah satu yang paling kerasa adalah konten. Maksudnya gimana? ya algoritma google akan memilih blog atau website dengan konten yang bagus dan sesuai. 

Ciri konten bagus gimana? ya yang jelas sesuai dengan yang dicari pembaca, mengandung banyak informasi yang benar, unik atau tidak plagiasi dari artikel orang, dan yang terakhir orang betah membaca atau diem di website/blog kita.

Ingat Konten yang berkualitas akan membuat pengunjung betah berlama-lama di blog kita. Oleh karena itu, buatlah konten yang informatif, menarik, dan mudah dipahami. Selain itu, pastikan konten kita orisinal dan tidak menjiplak dari blog lain. Hal ini akan membuat mesin pencari lebih suka dan meningkatkan peringkat blog kita di hasil pencarian.

3. Promosikan Blog Kita di Media Sosial

Media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram dapat menjadi alat promosi yang efektif untuk blog kita. Bagikan artikel kita di media sosial tersebut dan ajak teman-teman untuk membaca dan membagikan artikel kita. Hal ini akan meningkatkan jumlah pengunjung dan juga meningkatkan peringkat blog kita di mesin pencari.

BACA JUGA : 5 SYARAT PENTING AGAR BLOG MENGHASILKAN UANG

4. Gunakan Meta Deskripsi yang Menarik

Meta deskripsi adalah deskripsi singkat tentang artikel kita yang muncul di hasil pencarian mesin pencari. Gunakan meta deskripsi yang menarik dan informatif untuk menarik perhatian pengguna mesin pencari. Hal ini akan membuat pengguna mesin pencari lebih tertarik untuk mengunjungi blog kita.

Contoh meta deskripsi yang menarik:

"Bikin kamu ngiler! Resep makanan enak dan mudah untuk dicoba di rumah. Siapkan perutmu untuk diisi dengan kelezatan yang tak terlupakan!"
"Kamu pasti nggak nyangka! Fakta menarik tentang hewan yang jarang diketahui. Siap-siap terkejut dan terhibur dengan informasi yang satu ini!"
"Jangan sampai ketinggalan! Tips fashion terbaru untuk tampil stylish dan kekinian. Dapatkan inspirasi dari tren fashion terkini yang sedang hits di kalangan fashionista!"

5. Optimalkan Kecepatan Blog Kita

Kecepatan blog juga mempengaruhi peringkat blog kita di mesin pencari. Pastikan blog memiliki kecepatan yang cukup baik dengan mengoptimalkan gambar, menghapus plugin yang tidak diperlukan, dan menggunakan hosting yang baik. Tapi biasanya hosting dengan spesifikasi tinggi memiliki biaya yang agak mahal.

6. Naikan Authority blog atau website

Authority blog atau website jelasin simpelnya ya kaya subscriber di youtube. Maksudnya apa? jadi semakin authority kamu besar dimata google, ingat dimata google ya buka tools lain. Maka google akan merekomendasikan blog kamu ke pembaca. Yang artinya blog kamu akan ditempatkan dibagian atas ketika orang mengetikan suatu kata kunci atau keyword.

Meningkatkan traffic organik pada blog itu perlu waktu dan usaha yang konsisten. Kita bisa menerapkan tips-tips di atas untuk meningkatkan trafik.


Note : artikel ini telah diperbaharui atau Revisi update artikel pada 28 November 2023 dengan menyesuaikan pembaharuan algoritma google terbaru.

Posting Komentar