10 Contoh Usaha Mikro di Bidang Jasa Modal kecil Untung Besar !!!

Kreatifpreneur, Usaha mikro adalah usaha kecil yang memiliki modal dan skala usaha terbatas. Namun, usaha mikro bisa menjadi modal awal untuk mengembangkan usaha menjadi lebih besar. Salah satu jenis usaha mikro yang cukup menjanjikan adalah usaha di bidang jasa.

Definisi Usaha Mikro

otomotif.kompas.com

Sebelum membahas contoh usaha mikro di bidang jasa, penting untuk memahami definisi usaha mikro di bidang jasa itu sendiri. Usaha mikro di bidang jasa adalah usaha kecil yang bergerak di bidang pelayanan jasa kepada masyarakat. Jenis usaha ini dapat berupa jasa konsultan, jasa pembersihan, jasa perbaikan rumah tangga, dan sebagainya.


Contoh Usaha Mikro di Bidang Jasa

Berikut ini adalah beberapa contoh usaha mikro di bidang jasa yang bisa dijadikan inspirasi:

1. Usaha Jasa Pemotretan

Usaha jasa pemotretan adalah salah satu jenis usaha mikro di bidang jasa yang cukup menjanjikan. Dalam era digital seperti sekarang, banyak orang yang membutuhkan jasa fotografi untuk keperluan pribadi maupun bisnis. Usaha ini memerlukan modal awal untuk membeli kamera dan perlengkapan fotografi lainnya.

2. Jasa Servis Elektronik

Usaha jasa perbaikan elektronik adalah jenis usaha mikro di bidang jasa yang cukup menjanjikan. Dalam era digital seperti sekarang, banyak orang yang memiliki perangkat elektronik seperti ponsel dan laptop yang memerlukan perbaikan. Usaha ini memerlukan keahlian dalam bidang teknologi dan modal awal untuk membeli peralatan perbaikan.

3. Usaha Jasa Desain Grafis

Usaha jasa desain grafis adalah salah satu jenis usaha mikro di bidang jasa yang cukup menjanjikan. Dalam era digital seperti sekarang, banyak orang yang membutuhkan jasa desain grafis untuk keperluan branding atau promosi bisnis mereka. Usaha ini memerlukan keahlian dalam bidang desain grafis dan peralatan komputer.

4. Usaha Jasa Katering

Usaha jasa katering adalah salah satu jenis usaha mikro di bidang jasa yang cukup menjanjikan. Banyak orang yang memerlukan jasa katering untuk berbagai acara seperti pernikahan, ulang tahun, atau acara perusahaan. Usaha ini memerlukan modal awal untuk membeli bahan makanan dan peralatan masak.

5. Bengkel Motor

Usaha jasa perbaikan sepeda motor adalah salah satu jenis usaha mikro di bidang jasa yang cukup menjanjikan. Dalam era modern seperti sekarang, sepeda motor menjadi salah satu transportasi yang paling banyak digunakan. Usaha ini memerlukan keahlian dalam bidang teknik mesin dan modal awal untuk membeli peralatan perbaikan.

6. Usaha Jasa Penjahit

Usaha jasa penjahit adalah salah satu jenis usaha mikro di bidang jasa yang cukup menjanjikan. Banyak orang yang memerlukan jasa penjahit untuk membuat pakaian atau memperbaiki pakaian yang rusak. Usaha ini memerlukan keahlian dalam bidang menjahit dan mesin jahit.

7. Usaha Jasa Toko Kelontong

Usaha jasa toko kelontong adalah salah satu jenis usaha mikro di bidang jasa yang cukup menjanjikan. Toko kelontong merupakan tempat yang menyediakan berbagai kebutuhan sehari-hari seperti bahan makanan, minuman, dan produk kebutuhan rumah tangga lainnya.

Banyak orang yang memerlukan jasa toko kelontong karena kebutuhan sehari-hari yang tidak dapat dihindari. Usaha ini memerlukan modal awal untuk membeli stok barang dan memilih lokasi strategis untuk membuka toko.

8. Usaha Jasa Servis AC

Usaha jasa perbaikan AC adalah salah satu jenis usaha mikro di bidang jasa yang cukup menjanjikan. AC menjadi salah satu kebutuhan yang penting di era modern seperti sekarang, sehingga usaha perbaikan AC menjadi sangat dibutuhkan. Usaha ini memerlukan keahlian dalam bidang teknik AC dan modal awal untuk membeli peralatan perbaikan.


BACA JUGA : BISNIS CAMILAN ONLINE: PETUALANGAN LEZAT DI DUNIA DIGITAL

9. Bisnis Pangkas Rambut Rumahan

Bisnis pangkas rambut rumahan adalah salah satu jenis usaha mikro di bidang jasa yang cukup menjanjikan. Dalam menjalankan bisnis ini, Anda memerlukan kemampuan dalam memotong rambut dan memilih lokasi strategis di rumah Anda. Bisnis pangkas rambut rumahan juga memerlukan peralatan dasar seperti gunting, sisir, dan gunting rambut.

Keuntungan dari bisnis pangkas rambut rumahan adalah modal yang relatif kecil dan fleksibilitas waktu yang tinggi. Anda dapat menyesuaikan jadwal bisnis dengan kebutuhan pribadi Anda. Selain itu, Anda juga dapat menentukan harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan salon rambut profesional.

10. Usaha Jasa Tambal Ban

Usaha mikro jasa tambal ban adalah usaha yang bertujuan untuk memberikan layanan perbaikan ban yang bocor pada kendaraan roda dua atau roda empat. Usaha ini dapat dilakukan oleh satu orang atau beberapa orang dengan modal usaha yang kecil. Biasanya, usaha tambal ban mikro ini menggunakan peralatan sederhana seperti pompa angin, plester ban, dan peralatan kecil lainnya.


Demikian 10 contoh usaha mikro dibidang jasa dengan modal kecil untung besar. Silahkan share jika bermanfaat.

Posting Komentar